Resiko Ibu Hamil yang Kekurangan Kalsium

Selama masa kehamilan memang akan ada banyak gizi dan nutrisi yang sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain vitamin B12, asam folat, vitamin C, kalium, zat besi yang juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan adalah kalsium.

Bagi ibu hamil kalsium ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan janin didalam rahim, menjaga perkembangan tulang janin didalam rahim dan membantu perkembangan saraf ibu hamil. Karena sangat pentingnya kalsium bagi ibu hamil tentu saja akan sangat beresiko jika ibu hamil menderita kekurangan kalsium karena juga akan sangat berbahaya bagi janin didalam rahim karena nantinya tumbuh kembangnya tidak akan optimal. Agar tidak sampai kekurangan kalsium ada baiknya ibu hamil untuk mengonsumsi berbagai macam suplemen penambah kalsium bagi ibu hamil. Lantas apa saja resiko ibu hamil yang menderita kekurangan kalsium?

Resiko Ibu Hamil yang Kekurangan Kalsium

Ibu Hamil yang Kekurangan Kalsium

Kram selama kehamilan

Kram yang terjadi selama kehamilan memang dapat terjadi karena kekurangan kalsium. Selain itu rendahnya kadar potasium dan tingginya fosfor didalam tubuh ibu hamil turut menjadi penyebabnya. Untuk mengurangi kram pada kaki dan tangan yang sering dirasakan ibu hamil dan semakin parah di trimester ketiga kehamilan, ada baiknya Anda lakukan peregangan ringan dan lemaskan kaki – kaki Anda. Kemudian Anda penuhi nutrisi kalsium, potasium yang penting bagi tubuh.

Pertumbuhan tulang janin tidak sempurna

Kalsium sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang janin. Dan pembentukan tulang janin dapat terjadi mulai di trimester awal kehamilan. Kekurangan kalsium akan menghambat proses pembentukan tulang janin karena itu jangan sampai Anda kurang kalsium. Kalau perlu konsumsi suplemen kalsium untuk membantu pemenuhan kalsium di tubuh Anda.

Pertumbuhan bayi akan terganggu

Kekurangan kalsium pada masa kehamilan ternyata juga sangat berdampak pada perkembangan bayi pasca kelahiran. Misalkan dapat membuat bayi mengalami keterlambatan bicara, keterlambatan duduk, dan juga keterlambatan merangkak. Bahkan ada juga bayi yang ubun – ubunnya terlambat menutup karena kekurangan kalsium. Karena itu jangan lupa penuhi asupan kalsium Anda. Konsumsi berbagai makanan yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium seperti susu rendah lemak, soya dan berbagai suplemen kalsium.

Sudah tahu bukan apa saja resikonya bunda? Karena itu jangan sampai Anda menderita kekurangan kalsium. Semoga informasi diatas tentang Resiko Ibu Hamil yang Kekurangan Kalsium bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *