Cara Mengejan Terpimpin Ketika Proses Persalinan

Ketika ibu hamil sedang berada pada proses persalinan memang akan ada banyak tahapan – tahapan dalam persalinan yang nantinya akan dialami oleh ibu hamil. Diantaranya yaitu pembukaan sampai dengan tahap mengeluarkan bayi dan plasenta yang berakhir pada tahap pembersihan.

Dalam rangka pengeluaran bayi akan dilakukan proses yang namanya mengejan. Mengejan ini biasanya dilakukan dengan dibantu gaya tarik bumi dan juga dilakukan atas inisiatif dan ada juga yang secara terpimpin. Mengenai mengejan terpimpin nantinya akan dibantu atau dipandu oleh asisten bidan atau dokter. Pengarahan ini dimaksudkan untuk mempercepat proses ibu hamil mengeluarkan bayi didalam rahim dengan dorongan yang kuat dan terarah. Lalu seperti apa cara mengejan terpimpin ketika proses persalinan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda bunda

Cara Mengejan Terpimpin Ketika Proses Persalinan

cara-mengejan-terpimpin

  • Ketika Anda sudah mulai merasakan bahwa kontraksi memang sudah dimulai, Anda coba tarik nafas 2 sampai dengan 3 kali dan ketika Anda dimintai mengejan, Anda bisa tarik nafas dan tahan. Kemudian Anda tekuk badan ke arah depan, tekuk dagu ke arah dada dan Anda dorong ke bawah dengan Anda lakukan pengencangan otot – otot perut Anda.
  • Kemudian Anda coba rilekskan otot – otot dasar panggul. Anda dorong ke bawah selama 5 sampai dengan 7 detik. Dengan cepat Anda bisa keluarkan nafas dan tarik kembali beberapa kali kemudian Anda ulangi sampai kontraksi yang Anda rasakan mereda.
  • Dan nantinya ketika Anda merasakan bahwa kontraksi sudah berakhir, dengan perlahan Anda bisa baringkan tubuh atau duduk menyandar dan kemudian coba Anda istirahat dan bernafas secara normal.
  • Yang perlu jadi catatan Anda bahwa rutinitas ini juga berlanjut setiap kali Anda rasakan kontraksi sampai kepala bayi hampir keluar. Dan ketika ini dokter atau bidan nantinya akan mengatakan agar Anda berhenti mengejan sehingga bayi dapat keluar melalui lubang vagina perlahan – lahan. Dan sesuai intruksi asisten persalinan, Anda bersikap rileks dan keluarkan semua udara dari paru – paru dan jika perlu hembuskan dengan cepat untuk mencegah Anda tidak mengejan.

Lakukan prosesnya sampai persalinan selesai dan bayi lahir ke dunia dengan selamat. Semoga informasi diatas tentang Cara Mengejan Terpimpin Ketika Proses Persalinan bermanfaat dan selamat berjuang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *