Bahaya Persalinan Dengan Operasi Caesar yang Perlu Diketahui

Takut sakit, takut tidak lancar, takut tidak kuat mengejan, takut merasa dilema, takut tak bisa mengambil nafas yang tepat ketika mengejan dan berbagai macam ketakutan – ketakutan yang lain terkadang membuat wanita merasa bimbang untuk melakukan proses persalinan normal. Dan pada akhirnya kemudian memutuskan untuk melakukan persalinan dengan cara caesar.

Atau mungkin Anda salah satu orang yang juga takut dengan persalinan normal dan ingin bersalin dengan cara persalinan operasi caesar? Sebelum itu tenangkan hati Anda dulu. Dan mari kita berpikir kembali benarkah persalinan dengan cara caesar ini lebih menguntungkan? Atau bahkan justru merugikan? Sebelum Anda benar – benar memutuskan untuk melahirkan caesar, Anda harus tahu bahwa sebenarnya ada beberapa bahaya persalinan dengan operasi caesar yang Anda harus tahu. Apa saja bahayanya?

Persalinan-Dengan-Operasi-Caesar

Bahaya Persalinan Dengan Operasi Caesar

  • Pecahnya rahim

Operasi caesar dapat membuat rahim menjadi pecah? Ya, benar sekali. Resiko ini memang dapat terjadi pada wanita yang melakukan operasi caesar. Alasannya adalah karena timbulnya bekas luka yang terdapat didalam rahim dan dapat mudah robek serta hancur. Jika wanita mengalami kondisi yang seperti ini tentu wanita tersebut akan punya bayi dengan kematian 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan rahim wanita yang normal.

  • Timbul jaringan perut dan adhesi

Akan ada resiko yang terjadi pada bekas luka jahitan kurang lebih sebanyak 7 lapisan perut tersebut. Walau akan ada infeksi yang tidak serius paska melahirkan secara caesar akan tetapi infeksi ini juga akan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi ibu pasca melakukan lahiran secara caesar. Nantinya infeksi yang dikenal dengan nama minor dapat menyebabkan sakit dan juga akan dapat berpengaruh atas jaringan perut yang lebih dalam lagi. Nantinya infeksi yang serius juga akan dapat membutuhkan perawatan yang lebih lama didalam rumah sakit.

  • Infeksi pasca operasi caesar

Ibu yang melahirkan dengan cara caesar juga bisa menyebabkan ibu hamil terkena infeksi. Infeksi itu terjadi misalnya akan mengalami nanah pada bekas luka atau pada bekas jahitan operasi. Bukan hanya itu saja karena resiko bekas jahitan untuk dapat terlepas juga akan sangat besar apalagi jika bekas jahitan tersebut terkena kencing utamanya air kencing si bayi sendiri.

Sudah tahu apa saja bahaya operasi caesar? Antisipasi jika memang Anda termasuk salah satu wanita yang bersalin dengan operasi caesar. Semoga informasi diatas tentang Bahaya Persalinan Dengan Operasi Caesar bermanfaat.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *