Bahaya Air Ketuban Sedikit Di Trimester Kehamilan

Janin didalam rahim memang punya sebuah bodyguard atau pelindung diri yang biasanya dikenal dengan nama air ketuban. Tentu saja air ketuban ini menjadi sangat penting peranannya bagi ibu hamil karena air ketuban ini juga akan dijadikan cairan yang penting bagi kehidupan si janin didalam rahim.

Tentu saja karena cairan ketuban ini sangat penting, ketika ibu hamil melakukan pemeriksaan baik pemeriksaan melalui dokter atau bidan tentu akan diberikan pengukuran cairan ketuban. Pengukuran ini dilakukan untuk mencari tahu seberapa sehat cairan ketuban dan apakah sudah memenuhi kebutuhan si janin didalam rahim atau belum. Dan mengenai kadarnya tentu berbeda – beda pada setiap ibu hamil karena juga disesuaikan berdasarkan trimester kehamilan. Hanya saja memang ada beberapa ibu hamil yang mengalami masalah cairan ketuban yang terlalu sedikit. Dan ini merupakan suatu kondisi kehamilan yang sangat berbahaya. Lantas apa saja bahaya air ketuban terlalu sedikit pada ibu hamil?

Air-Ketuban-Sedikit

Bahaya Air Ketuban Sedikit Di Trimester Kehamilan

  • Trimester pertama kehamilan

Kondisi air ketuban yang terlalu sedikit memang dapat diketahui sejak trimester pertama kehamilan. Anda dapat mengetahui apakah air ketuban didalam rahim sedikit atau cukup dengan melakukan pengecekan rahim di dokter kandungan tepat disaat – saat pertama kehamilan Anda. Jika memang diketahui bahwa kondisi air ketuban didalam rahim sedikit maka ini dapat menyebabkan terjadinya tekanan pada organ dalam janin sehingga nantinya janin bisa lahir cacat. Selain itu janin juga dapat menghadapi kondisi keguguran yang lebih besar karena sebab ini.

  • Trimester kedua kehamilan

Jika trimester pertama kehamilan mulus saja dan ternyata kondisi air ketuban yang sedikit terjadi di trimester kedua kehamilan tentu dapat menjadi penyebab beberapa kondisi janin yang lain seperti kelainan sistem kemih janin, janin yang lahir secara prematur dan komplikasi pada tali pusar janin.

  • Trimester ketiga kehamilan

Kalau air ketuban sedikit di trimester ketiga kehamilan sebenarnya ini adalah hal yang wajar. Dan jika terjadi menjelang hari lahir maka proses ini akan cepat karena kelahiran dapat dipercepat atau dipertahankan lebih lama jika belum sampai waktunya dengan pengawasan dokter kandungan.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Bahaya Air Ketuban Sedikit Di Trimester Kehamilan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *